Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Trafik Website Penjualan Online (E-Commerce)

Cara Meningkatkan Trafik Website
Tidak masalah jika anda memiliki toko kecil di web penyedia toko online gratis seperti di lazada.co.id, tokopedia.com, dll. Menemukan cara-cara yang terbaik untuk meningkatkan lalu lintas, bisa memakan waktu dan benar-benar sulit.


Ada 6 cara untuk meningkatkan lalu lintas / traffic di situs e-coomerce yang anda kelola, yaitu :

1. Membuat blog dengan  memiliki nilai lebih dan  unik


Seperti yang kita ketahui, bahwa konten telah menjadi bentuk yang baru dari pemasaran di mesin pencarian. Diperkirakan bahwa lebih dari 80 persen perusahaan menggunakan strategi konten tetapi hanya 32 persen merasa strategi mereka efektif. Yang benar adalah pemasaran konten merupakan sesuatu yang sulit. Konten memang tampak sederhana seperti menulis blog, posting gambar dan membuat meme. Perusahaan harus menciptakan konten yang berkualitas dan memiliki target yang jelas.

Salah satu rahasia untuk pemasaran konten yang baik adalah membuat pelanggan Anda bagaikan seorang pahlawan. Misalnya, cari  pelanggan Anda dan dapatkan informasi tentang mereka. Tanyakan kepada mereka, mengapa mereka memilih merek Anda bukan merek / produk orang lain ?, apa artinya merek / produk Anda kepada mereka ?, dan bagaimana merek / produk Anda membuat mereka merasakan sesuatu yang baik ?.
Bayangkan bahwa konten anda berarti/bermakna, yang bisa membuat pelanggan anda merasa senang dan memenuhi apa yang diinginkan oleh pelanggan.


2. Memproduksi dan mempublikasikan video produk Anda


Video adalah alat jual yang kuat yang memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat kepada konsumen. Contoh 6pm.com, hampir semua produk sepatu mereka memiliki video yang dibuat untuk memamerkan barang kepada calon pembeli. Ada dua cara untuk mempublikasikan video di situs Anda. Yang pertama adalah video ditempatkan di website anda sendiri, dan yang kedua adalah menggunakan layanan pihak ketiga seperti YouTube dan Vimeo. Salah satu hal yang baik jika kita tempatkan video YouTube adalah akan memudahkan pencarian di google.com, karena YouTube adalah layanan video yang dimiliki oleh google.com.


3. Membeli Nama Domain yang “Salah Mengeja”


Ini merupakan strategi yang paling sering diabaikan oleh pebisnis online. Kebanyakan perusahaan fokus pada membeli variasi domain seperti .net atau .org, tetapi lupa untuk membeli domain yang “salah mengeja”. Contoh, nama domain LimeRicki misalnya. Pada saat publikasi, LimeRicki bisa membeli:

LimeRicci.com (available)
LimeRiki.com ($6,425)
LimeRikki.com ($1,250)
LimRicki.com ($299)
TheLimeRicki.com (available)
LimeRici.com (available)
LimeRicky.com

Ini hanya beberapa nama domain yang misspells ( “salah mengeja” ) dari puluhan nama domain untuk nama domain inti LimeRicki.com. Jika Anda memiliki 50 misspell dari domain Anda, dan masing-masing misspell memiliki rata-rata 10 kunjungan, maka Anda pada dasarnya telah meningkatkan lalu lintas (traffic) kunjungan ke website anda dengan 500 kunjungan per bulan atau 6.000 kunjungan per tahun. Hal ini bisa bertambah terus -menerus.


4. Kampanyekan website Anda di Media Sosial


Media sosial adalah kesempatan untuk website e-commerce  untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Dan sekali lagi membuat pelanggan mereka bagaikan pahlawan. Jangan menghindar dari pertanyaan yang diajukan dan harus benar-benar peduli terhadap pelanggan Anda. Ketika pelanggan Anda tahu Anda peduli kepada mereka, mereka akan mulai untuk benar-benar peduli tentang Anda.  
Selain berinteraksi dengan pelanggan, hal itu juga dapat mempengaruhi volume lalu lintas Anda. Misalnya, Google+ yang terkait dengan mesin pencari Google. Google mencari “sinyal media sosial“ sehingga bisa mempengaruhi peringkat  website dan halaman menjadi baik. Membangun komunitas yang kuat dan benar-benar terlibat dengan posting Anda akan meningkatkan posting blog Anda atau halaman produk menjadi lebih tinggi peringkatnya dalam mesin pencari Google,  sehingga mendorong lebih banyak lalu lintas ke website anda.


5. Gunakan Tools (alat) dan aplikasi (apps) untuk mempromosikan produk Anda


Ada alat baru yang dirilis setiap hari yang menguntungkan untuk usaha online Anda. Berikut adalah salah satu alat yang canggih untuk penjualan e-commerce: Liketoknow.it
Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengubah foto Instagram mereka ke perdagangan. Dengan kata lain, teknologi di web Liketoknow.it ini memberikan para pengguna/user, kemampuan untuk menandai (tags) link foto produk mereka ke orang yang tepat (dapat benar-benar melakukan pembelian).
Pengguna insentif untuk mempublikasikan dan tag foto produk mereka, karena mereka menerima sebagian dari setiap penjualan yang dibuat dari foto yang mereka tag.


6. Dorong pengunjung website untuk selalu me-review


Sekarang ini, situs e-commerce dan etalase memiliki kemampuan untuk menerima ulasan pengguna. Namun, sebagian besar situs tidak efektif menerapkan strategi ini.
Kurang lebih 88% konsumen yang percaya ulasan secara online, kebanyakan karena rekomendasi pribadi. Setiap review pengguna memiliki dampak besar pada keputusan pembelian pelanggan Anda.
Jadi, bagaimana dampak dari  traffic  (lalu lintas kunjungan) ini. Pertama, konten yang unik dan relevan. Kedua, user mereview halaman yang baru dan mencari halaman yang disukai secara terus-menerus. Ketiga, orang yang meluangkan waktu untuk melihat ulasan produk, umumnya akan berbagi pengalaman mereka kepada teman-temannya.


Tips-tips diatas hanya memberikan beberapa cara untuk meningkatkan lalu lintas ke situs e-commerce anda. Teruslah berusaha dan mencari cara-cara inovatif untuk memberikan nilai kepada pelanggan Anda melalui situs e-commerce yang anda kelola.

1 comment:

  1. Mantap nih info, otw coba deh tips nya. semoga aja dagangan saya jadi tambah laris :)

    @defrianda(1822500014)
    jangan lupa kunjungi website ini yah demi tugas kuliah saya, mohon di acc ya kak :) https://www.atmaluhur.ac.id/
    ISB atma luhur

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...